Friday, August 29, 2014

Pantai Bama, bonus dari gersangnya Savanna


Menikmati matahari terbit di batas cakrawala, merasakan sentuhan ombak menyapa sela-sela jari kaki di bibir pantai, adalah kewajiban yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Pantai Bama.  Ialah sebuah pantai yang mungkin namanya asing di telinga. 
Pantai utara di timur pulau Jawa, sajian alam yang cantiknya tiada dua..
Jika berkunjung ke Taman Nasional Baluran - Situbondo, Jawa Timur.  Maka hal pertama yang akan kita dapatkan adalah suguhan hijau dari padang savanna, berbagai jenis vegetasi hutan Indonesia terkemas cantik di sini, salah satunya Pantai Bama.

Hanya dengan membayar Rp. 2.500 untuk satu orang pengunjung domestik, kita sudah bisa masuk ke dalam surga kecil berpasir putih halus untuk menikmati sajian tanah Situbondo. Bukan hanya itu, berbahagialah bagi kalian yang gemar melakukan kegiatan bawah laut, snorkeling ataupun diving, Pantai Bama menjanjikan keeksotikan terumbu karang yang tersimpan di dalamnya.


Kendaraan diperbolehkan masuk ke dalam area Taman Nasional ini, jarak tempuhnya sekitar 15 Meter dari gerbang utama, masuk melewati suguhan savanna dengan berbagai macam fauna, sebuah menara pandang kokoh dan semilir angin khas hutan hujan tropis membawa kita pada sebuah panorama nan mempesona.

Meski pernah dirusak oleh tangan-tangan kurang bertanggung jawab, namun Pantai Bama kian pulih, transplantasi terumbu karang sedang dilakukan oleh para petugas Taman Nasional Baluran. Potensi bawah lautnya tetap cantik, lengkap dengan berbagai jenis ikan dan anemon.

Pantai Bama tidak terlalu ramai pengunjung, jelas dengan begitu kita akan mendapatkan kesan private beach yang akan membuat tubuh enggan beranjak, berlama-lama menikmati panorama hingga datang senja.

Selain pantai, suguhan hutan mangrove dan tanaman bakau yang tumbuh di sisi timur melengkapi keindahan yang ada. Fasilitas lain seperti kano dan penyewaan alat snorkeling pun lengkap dengan life vest-nya.

Sedikit tips jika berkunjung, datanglah di pagi hari pada pukul 05.00 waktu setempat untuk mendapatkan sunrise terbaik Pantai Bama.






No comments: